Februari 03 2013 0comment
kurikulum-2013

Guru Tidak Dibebani Membuat Silabus Dalam Kurikulum 2013

Kepala SMK Nawa Kartik Jepara Drs. Munif didampingi Waka Kurikulum mengikuti sosialisai Kurikulum 2013 oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Bapak Prof. Dr. Ir. H. M. Nuh, DEA di Kampus INISNU Jepara pagi ini tanggal 3 Februari 2013. Pertemuan yang dihadiri oleh seluruh elemen pendidikan di Jepara ini untuk memberi pemahaman yang sama mengenai penerapan Kurikulum Nasional 2013.

SMK Nawa Katika Jepara dengan dukungan seluruh stake holder siap melaksanakan Kurikulum Nasional 2013. Saat ini SMK Nawa Kartika Jepara menyelenggarakan Kompetensi Keahlian TGB (Teknik Gambar Bangunan) dan TKJ (Teknik Komputer & Jaringan) yang menerapkan kurikulum KTSP 2006 dengan SKKD Spektrum 2010. Pada tahun 2013 ini SMK Nawa Kartika Jepara akan mengajukan penambahan Kompetensi Keahlian TKR (Teknik Kendaraan Ringan), RPL (Rekayasa Perangkat Lunak) dan PBS (Perbankan Syariah).

Menurut Mendikbud, pada Kurikulum Nasional 2013 guru tidak dibebani dengan pembuatan silabus dan kegiatan administrasi lainnya. Guru diharapkan mempunyai waktu untuk mengajar di kelas dengan lebih baik dan dapat menumbuhkan kreativitas peserta didik pada kegiatan belajar mengajarnya setiap hari.

Pada Kurikulum Nasional 2013 selanjutnya masih menurut Mendikbud, tujuan yang akan dicapai ditetapkan dulu baru pendukungnya di adakan. Tidak seperti kondisi sekarang dimana masing-masing mata pelajaran berjalan sendiri-sendiri sehingga hasil yang dicapai tidak holistik.

Pada even ini jua pihak YAPTINU sebagai penyelengara INISNU-STIENU-STTDNU meminta dukungan langsung pada Mendikbud untuk mendukung pembentukan Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara (UNISNU Jepara) sebagai penggabungan institusi pendidikan tinggi yang ada sekarang. Bapak Mendikbud menjanjikan untuk mendukung pendirian UNISNU Jepara agar lebih berperan dalam pengembangan pendidikan di Kabupaten Jepara.

Nawa

Write a Reply or Comment